01 February 2007

Nabi terakhir

Ayat Inti: Al Qur’an ayat 6 surat 61 Ash Shaff, Dan (ingatlah) ketika Isa Putra Maryam berkata: "Hai Bani Israil, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan kitab (yang turun) sebelumku, yaitu Taurat dan memberi kabar gembira dengan (datangnya) seorang Rasul yang akan datang sesudahku, yang namanya Ahmad (Muhammad)" Maka tatkala rasul itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berkata: "Ini adalah sihir yang nyata".

Ayat Al Qur’an diatas mengingatkan akan datang seorang rasul setelah nabi Isa (Yesus), yang bernama Ahmad (Muhammad).

Ayat tersebut serupa dengan ayat-ayat kitab Injil yang menjelaskan tentang akan datangnya sosok setelah nabi Isa naik ke surga.

Nabi yang akan datang menurut kitab Injil.

Kitab Injil Yohanes 16:7 Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.

Siapakah “penghibur” yang akan datang setelah nabi Isa (Yesus),

1) Penghibur yang akan datang itu adalah Ruhul-Qudus (Roh-Allah/Roh dari-Nya),
Kitab Injil Yohanes 15:26 Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.

2) Penghibur yang akan datang itu adalah Roh Kudus yang diutus oleh Bapa (Allah),
Kitab Injil Yohanes 14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Al Qur’an ayat 6 surat 61 (Ash Shaff ) diatas mengartikan kata “penghibur/membantu” dalam Injil Yohanes dari kata Yunani “Periklytos” yang berarti “dia yang terpuji” untuk diartikan “Ahmad”.

Sedangkan kata “penghibur/membantu” dalam Kitab Injil Yohanes, berasal dari kata Yunani “Parakletos”.

Kitab Injil Yohanes menerangkan bahwa setelah Yesus (nabi Isa) pergi, akan datang sosok/penghibur yang menggantikanNya, yaitu Roh Kudus yang akan menyertai murid-murid Yesus (nabi Isa) dalam mengabarkan Injil. Seperti yang tercatat dalam kitab kisah para rasul berikut,

1) Murid-murid Yesus menerima kuasa Roh Kudus untuk menjadi saksi/mengabarkan Injil, setelah Yesus naik ke sorga,
Alkitab perjanjian baru kisah para rasul 1:4,8 Pada suatu hari ketika Ia makan bersama-sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan janji Bapa, yang--demikian kata-Nya--"telah kamu dengar dari pada-Ku. Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."

2) Penghibur/Roh Kudus itu datang pada hari Pentakosta, untuk memenuhi murid-murid Yesus mengabarkan Injil,
Alkitab perjanjian baru kisah para rasul 2:1-4, Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat. Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk; dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing. Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.

Nabi yang akan datang dalam kitab Taurat.

Kitab Injil Ulangan 18:15-19 Seorang nabi dari tengah-tengahmu, dari antara saudara-saudaramu, sama seperti aku, akan dibangkitkan bagimu oleh TUHAN, Allahmu; dialah yang harus kamu dengarkan. Tepat seperti yang kamu minta dahulu kepada TUHAN, Allahmu, di gunung Horeb, pada hari perkumpulan, dengan berkata: Tidak mau aku mendengar lagi suara TUHAN, Allahku, dan api yang besar ini tidak mau aku melihatnya lagi, supaya jangan aku mati. Lalu berkatalah TUHAN kepadaku: Apa yang dikatakan mereka itu baik; seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya. Orang yang tidak mendengarkan segala firman-Ku yang akan diucapkan nabi itu demi nama-Ku, dari padanya akan Kutuntut pertanggungjawaban.

Kitab Taurat menyatakan nanti akan datang seorang nabi dengan tanda-tanda sbb:

1) Nabi itu akan muncul “dari antara saudaramu”.
2) Nabi itu “sama seperti aku” (nabi Musa).

Kata “dari antara saudaramu” berarti saudara bangsa Israel, sebab pada ayat tersebut Allah berfirman kepada bangsa Israel melalui nabi Musa.

Siapakah saudara bangsa Israel ? Nama Israel berasal dari nama nabi Ya’qub, Kitab taurat kejadian 32:28 Lalu kata orang itu: "Namamu tidak akan disebutkan lagi Yakub, tetapi Israel, sebab engkau telah bergumul melawan Allah dan manusia, dan engkau menang."

Saudara nabi Ya’qub adalah Esau. Kitab Taurat Kejadian 25:19-26, Inilah riwayat keturunan Ishak, anak Abraham. Abraham memperanakkan Ishak. Dan Ishak berumur empat puluh tahun, ketika Ribka, anak Betuel, orang Aram dari Padan-Aram, saudara perempuan Laban orang Aram itu, diambilnya menjadi isterinya.Berdoalah Ishak kepada TUHAN untuk isterinya, sebab isterinya itu mandul; TUHAN mengabulkan doanya, sehingga Ribka, isterinya itu, mengandung. Setelah genap harinya untuk bersalin, memang anak kembar yang di dalam kandungannya. Keluarlah yang pertama, warnanya merah, seluruh tubuhnya seperti jubah berbulu; sebab itu ia dinamai Esau. Sesudah itu keluarlah adiknya; tangannya memegang tumit Esau, sebab itu ia dinamai Yakub.
Berarti dari keturunan Esaulah akan bangkit seorang nabi.

Namun kata “dari antara saudaramu” dapat juga berarti anak-anak nabi Yakub yang berjumlah 12 orang, yang menjadi bani Israel. (Kitab Taurat Kejadian 35:22-26, Ruben, Simeon, Lewi, Yehuda, Zebulon, Isakhar, Dan, Gad, Asyer, Naftali, Yusuf dan Benyamin). Termasuk di dalamnya nabi Yusuf.

Kata “sama seperti aku ”, berarti “seperti nabi Musa”, sebab ayat tersebut membicarakan Tuhan yang sedang berfirman kepada nabi Musa yang sedang memimpin bani Isarel.

Kalau melihat catatan Al Qur’an dan Alkitab tentang nabi-nabi yang datang setelah nabi Musa maka akan muncul nama-nama nabi sbb:

1) Yosua (Yusak bin Nun), tahun 1210 SM (sebelum Yesus), (bani Israel)
2) Daud, tahun 970 SM, (bani Israel)
3) Solomo (Sulaiman), tahun 931 SM, (bani Israel)
4) Elia (Ilyas), tahun 841 SM (bani Israel)
5) Elisa (Ilyasa), tahun 798 SM (bani Israel)
6) Amos, tahun 743 SM (bani Israel)
7) Hosea, tahun 738 SM (bani Israel)
8) Yesaya, tahun 722 SM (bani Israel)
9) Mikha, tahun 642 SM (bani Israel)
10) Zefanya, tahun 609 SM (bani Israel)
11) Nahum, tahun 609 SM (bani Israel)
12) Habakuk, (bani Israel)
13) Yeremia, 587 SM (bani Israel)
14) Yehezkiel (Zulkifli), tahun 586 SM(bani Israel)
15) Hagai, tahun 550 SM (bani Israel)
16) Zakharia (Zakaria), tahun 500 SM (bani Israel)
17) Obaja, tahun 450 SM (bani Israel)
18) Maleakhi, tahun 400 SM (bani Israel)
19) Yoel, (bani Israel)
20) Yohanes (Yahya), (bani Israel)
21) Isa (Yesus), (bani Israel)
22) Muhammad, tahun 570 masehi (setelah Yesus), (bangsa Arab)

Dari sekian nabi diatas yang datang setelah nabi Musa, mana nabi yang “seperti aku” (nabi Musa) ? Untuk menyelidikinya, perlu kita mengetahui siapa nabi Musa itu ?

Nabi Musa adalah,

1) Ayahnya bernama Amran (Imran), dan Ibu Yokebet (suku Lewi, bangsa Israel).
Kitab Injil Keluaran 6:20 Dan Amram mengambil Yokhebed, saudara ayahnya, menjadi isterinya, dan perempuan ini melahirkan Harun dan Musa baginya. Umur Amram seratus tiga puluh tujuh tahun.

2) Ketika masih bayi, ada pembunuhan bayi-bayi bani Israel yang diperintahkan oleh raja Mesir (Firaun). Sehingga bayi nabi Musa harus dihanyutkan dalam keranjang di sungai Nil, dan diselamatkan oleh putri raja Mesir (Firaun).
Kitab Taurat Keluaran 1:15-16 Raja Mesir juga memerintahkan kepada bidan-bidan yang menolong perempuan Ibrani, seorang bernama Sifra dan yang lain bernama Pua, katanya: "Apabila kamu menolong perempuan Ibrani pada waktu bersalin, kamu harus memperhatikan waktu anak itu lahir: jika anak laki-laki, kamu harus membunuhnya, tetapi jika anak perempuan, bolehlah ia hidup."

Kitab Taurat Keluaran 2:1-10, Seorang laki-laki dari keluarga Lewi kawin dengan seorang perempuan Lewi; lalu mengandunglah ia dan melahirkan seorang anak laki-laki. Ketika dilihatnya, bahwa anak itu cantik, disembunyikannya tiga bulan lamanya. Tetapi ia tidak dapat menyembunyikannya lebih lama lagi, sebab itu diambilnya sebuah peti pandan, dipakalnya dengan gala-gala dan ter, diletakkannya bayi itu di dalamnya dan ditaruhnya peti itu di tengah-tengah teberau di tepi sungai Nil…Maka datanglah puteri Firaun untuk mandi di sungai Nil, sedang dayang-dayangnya berjalan-jalan di tepi sungai Nil, lalu terlihatlah olehnya peti yang di tengah-tengah teberau itu, maka disuruhnya hambanya perempuan untuk mengambilnya. Ketika dibukanya, dilihatnya bayi itu, dan tampaklah anak itu menangis, sehingga belas kasihanlah ia kepadanya dan berkata: "Tentulah ini bayi orang Ibrani." …..Ketika anak itu telah besar, dibawanyalah kepada puteri Firaun, yang mengangkatnya menjadi anaknya, dan menamainya Musa, sebab katanya: "Karena aku telah menariknya dari air."

3) Dipanggil oleh Allah untuk memimpin bangsa Israel ke luar dari perbudakan bangsa Mesir.
Al Qur’an ayat 104 surat 7 (Al A’raaf), dan Musa berkata: “hai Firaun, sesungguhnya aku ini adalah seorang utusan dari Tuhan semesta alam.

Kitab Keluaran 3:4-10 Ketika dilihat TUHAN, bahwa Musa menyimpang untuk memeriksanya, berserulah Allah dari tengah-tengah semak duri itu kepadanya: "Musa, Musa!" dan ia menjawab: "Ya, Allah." ….sekarang, pergilah, Aku mengutus engkau kepada Firaun untuk membawa umat-Ku, orang Israel, keluar dari Mesir."

4) Berpuasa selama 40 hari ketika menerima 10 perintah Allah (kitab Taurat) di gunung Torsina (Thur).
Al Qur’an ayat 142 surat 7 (Al A’raaf), dan telah Kami janjikan kepada Musa (memberikan Taurat) sesudah berlalu waktu tiga puluh malam dan Kami sempurnakan jumlah malam itu dengan sepuluh (malam lagi), maka sempurnalah waktu yang telah ditetapkan Tuhannya epat puluh malam…

Kitab Taurat Keluaran 34:28 Dan Musa ada di sana bersama-sama dengan TUHAN empat puluh hari empat puluh malam lamanya, tidak makan roti dan tidak minum air, dan ia menuliskan pada loh itu segala perkataan perjanjian, yakni Kesepuluh Firman.

5) Memiliki mujizat yang besar yang berasal dari Allah, dalam pembesasan bani Israel.
Kitab Taurat Keluaran 10:1 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Pergilah menghadap Firaun, sebab Aku telah membuat hatinya dan hati para pegawainya berkeras, supaya Aku mengadakan tanda-tanda mujizat yang Kubuat ini di antara mereka,

6) Ketika wafat, nabi Musa dibangkitkan oleh Allah.
Kitab Taurat Ulangan 34: 5-6 Lalu matilah Musa, hamba TUHAN itu, di sana di tanah Moab, sesuai dengan firman TUHAN. Dan dikuburkan-Nyalah dia di suatu lembah di tanah Moab, di tentangan Bet-Peor, dan tidak ada orang yang tahu kuburnya sampai hari ini.

Kita perhatikan riwayat nabi Isa (Yesus),

1) Ayahnya bernama Yusuf, dan ibu Maria (bani Israel).
2) Ketika lahir, ada perintah pembunuhan bayi yang berumur dibawah 2 tahun di Betlehem (Palestina) oleh kaisar Herodes (orang Romawi, saat itu Palestina dikuasai oleh orang Romawi). Bayi nabi Isa dibawa ke Mesir oleh ibunya, agar selamat dari pembunuhan.
Kitab Injil Matius 2:13,16 Setelah orang-orang majus itu berangkat, nampaklah malaikat Tuhan kepada Yusuf dalam mimpi dan berkata: "Bangunlah, ambillah Anak itu serta ibu-Nya, larilah ke Mesir dan tinggallah di sana sampai Aku berfirman kepadamu, karena Herodes akan mencari Anak itu untuk membunuh Dia." Ketika Herodes tahu, bahwa ia telah diperdayakan oleh orang-orang majus itu, ia sangat marah. Lalu ia menyuruh membunuh semua anak di Betlehem dan sekitarnya, yaitu anak-anak yang berumur dua tahun ke bawah, sesuai dengan waktu yang dapat diketahuinya dari orang-orang majus itu.

3) Dipanggil untuk menyelamatkan bani Israel dari dosa.
Kitab Injil Matius 1:21 Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka."

4) Berpuasa 40 hari, sebelum dicobai oleh iblis,
Kitab Injil Matius 4:1-3 Maka Yesus dibawa oleh Roh ke padang gurun untuk dicobai Iblis. Dan setelah berpuasa empat puluh hari dan empat puluh malam, akhirnya laparlah Yesus. Lalu datanglah si pencoba itu dan berkata kepada-Nya: "Jika Engkau Anak Allah, perintahkanlah supaya batu-batu ini menjadi roti."

5) Memiliki mujizat yang besar. (menyembuhkan orang sakit, membangkitkan orang mati, dan mengampuni orang berdosa).
Al Qur’an ayat 110 surat 5 Al Maa-idah, (Ingatlah), ketika Allah mengatakan: "Hai `Isa putra Maryam, ingatlah ni`mat-Ku kepadamu dan kepada ibumu di waktu Aku menguatkan kamu dengan ruhul qudus. …. Dan (ingatlah), waktu kamu menyembuhkan orang yang buta sejak dalam kandungan ibu dan orang yang berpenyakit sopak dengan seizin-Ku, dan (ingatlah) di waktu kamu mengeluarkan orang mati dari kubur (menjadi hidup) dengan seizin-Ku, ..

Kitab Injil Markus 2:5, Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: "Hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni!"

6) Wafat dan diangkat ke Surga.
Al Qur’an ayat 158 surat 4 An Nisaa’, Tetapi (yang sebenarnya), Allah telah mengangkat `Isa kepada-Nya. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana

Kitab Injil Markus 16:4-6 Tetapi ketika mereka melihat dari dekat, tampaklah, batu yang memang sangat besar itu sudah terguling. Lalu mereka masuk ke dalam kubur dan mereka melihat seorang muda yang memakai jubah putih duduk di sebelah kanan. Merekapun sangat terkejut, tetapi orang muda itu berkata kepada mereka: "Jangan takut! Kamu mencari Yesus orang Nazaret, yang disalibkan itu. Ia telah bangkit. Ia tidak ada di sini. Lihat! Inilah tempat mereka membaringkan Dia.

Setelah pembahasan ayat dari kitab Taurat diatas siapakah nabi yang akan bangkit/datang “dari antara saudara-saudaramu, sama seperti aku (nabi Musa) ” dalam Kitab Taurat Ulangan 18:15-19 ?

Perhatikan catatan ayat kitab Injil Yohanes,

Kitab Injil Yohanes 1:45, "Filipus bertemu dengan Natanael dan berkata kepadanya: "Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret."


Kitab Injil Yohanes 5: 46 Sebab jikalau kamu percaya kepada Musa, tentu kamu akan percaya juga kepada-Ku, sebab ia telah menulis tentang Aku.

No comments: