13 February 2007

Alkitab, Al Qur'an, dan Nabi Muhammad

Ayat Inti : Al Qur’an ayat 163 surat 4 (An Nisaa’), Sesungguhnya Kami telah memberikan wahyu kepadamu sebagaimana Kami telah memberikan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang kemudiannya, dan Kami telah memberikan wahyu (pula) kepada Ibrahim, Isma'il, Ishak, Ya'qub dan anak cucunya, 'Isa, Ayyub, Yunus, Harun dan Sulaiman. Dan Kami berikan Zabur kepada Daud.

Al Qur’an menyatakan bahwa Allah telah memberikan wahyu, sebagai petunjuk kepada manusia yang mau beriman kepada Allah saat itu, mulai dari Adam sampai kepada Ibrahim, Ishak, Ya’qub (Israel), Isa Ayyub, Harun, Daud dan Sulaiman.

Pernyataan Al Qur’an tentang Alkitab (Taurat, Zabur, dan Injil).

Al Qur’an ayat 48 surat 5 (Al Maidah), Dan Kami telah turunkan kepadamu al-Qur'an dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu; maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk tiap-tiap umat di antara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu,

Ayat Al Qur’an diatas menyatakan, Al Qur’an membenarkan kitab-kitab sebelumnya (Taurat, Zabur, Injil) dan sebagai batu uji terhadap kitab-kitab itu.

Ayat-ayat Al Qur’an lainnya tentang Alkitab,

1) Alkitab diturunkan oleh Allah,
Al Qur’an ayat 174 surat 2 (Al Baqarah), Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah diturunkan Allah, yaitu Al Kitab dan menjualnya dengan harga yangsedikit (murah), mereka itu sebenarnya tidak memakan (tidak menelan)ke dalam perutnya melainkan api, dan Allah tidak akan berbicara kepada mereka pada hari kiamat dan tidak mensucikan mereka dan bagi mereka siksa yang amat pedih.

2) Alkitab diturunkan oleh Allah, berisi kebenaran,
Al Qur’an ayat 176 surat 2 (Al Baqarah), Yang demikian itu adalah karena Allah telah menurunkan Al Kitab dengan membawa kebenaran; dan sesungguhnya orang-orang yang berselisih tentang (kebenaran) Al Kitab itu, benar-benar dalam penyimpangan yang jauh (dari kebenaran).

3) Muhammad diutus untuk menjelaskan isi Alkitab, yang membawa orang kepada keselamatan, dan jalan yang lurus,
Al Qur’an ayat 15-16 surat 5 (Al Maidah), Hai Ahli Kitab, sesungguhnya telah datang kepadamu Rasul Kami, menjelaskan kepadamu banyak dari isi Al Kitab yang kamu sembunyikan, dan banyak (pula yang) dibiarkannya. Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah, dan Kitab yang menerangkan. Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keredhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan (dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus.

4) AlKitab diturunkan Allah, agar manusia berlaku adil,
Al Qur’an ayat 25 surat 57 (Al Hadiid), Sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata dan telah Kami turunkan bersama mereka Al Kitab dan neraca (keadilan) supaya manusia dapat melaksanakan keadilan. …

5) AlKitab mencakup Al Qur’an, dan mengandung banyak hikmat,
Al Qur’an ayat 4 surat 43 (Az Zuhkruf), Dan sesungguhnya al-Qur'an itu dalam induk Al-Kitab (Lauh Mahfuzh) di sisi Kami, adalah benar-benar tinggi (nilainya) dan amat banyak mengandung hikmah.

Al Qur’an ayat 196 surat 26 (Asy Syu’araa’), Dan sesungguhnya al-Qur'an itu benar-benar (tersebut) dalam Kitab-kitab orang yang dahulu.

6) Alkitab menghimpun kehidupan binatang dan manusia.
Al Qur’an ayat 38 surat 6 (Al Anaam), Dan tiadalah binatang-binatang yang ada di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan umat (juga) seperti kamu. Tiadalah Kami alpakan sesuatupun dalam Al-Kitab,kemudian kepada Tuhanlah mereka dihimpunkan.

7) Al Qur’an membenarkan dan menjelaskan kitab-kitab sebelumnya (Taurat, Zabur, Injil),
Al Qur’an ayat 111 surat 12 (Yusuf), Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. al-Qur'an itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman.

Al Qur’an ayat 37 surat 10 (Yunus),Tidaklah mungkin al-Qur'an ini dibuat oleh selain Allah; akan tetapi (al-Qur'an itu) membenarkan kitab-kitab yang sebelumnya dan menjelaskan hukum-hukum yang telah ditetapkannya, tidak ada keraguan di dalamnya, (diturunkan) dari Tuhan semesta alam.

Al Qur’an ayat 3 surat 3 (Ali imran), Dia menurunkan Al Kitab (Al Qur'an) kepadamu dengan sebenarnya; membenarkan kitab yang telah diturunkan sebelumnya dan menurunkan Taurat dan Injil,

8) Al Qur’an menjelaskan tentang permasalahan bani Israel,
Al Qur’an ayat 76 surat 27 (An Naml), Sesungguhnya al-Qur'an ini menjelaskan kepada Bani Israil sebahagian besar dari (perkara-perkara) yang mereka berselisih tentangnya.

9) Berpegang pada Alkitab(Taurat)dan berdoa, berpahala,
Al Qur’an ayat 170 surat 7 (Al A’raaf), Dan orang-orang yang berpegang teguh dengan Al Kitab (Taurat) serta mendirikan shalat, (akan diberi pahala) karena sesungguhnya Kami tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang mengadakan perbaikan.

Pernyataan Al Qur’an tentang Al Qur’an.

Al Qur’an ayat 7 surat 3 (Ali Imran), Dia-lah yang menurunkan Al Kitab (Al Qur'an) kepada kamu. Diantara (isi) nya ada ayat-ayat yang muhkamaat, itulah pokok-pokok isi Al qur'an dan yang lain (ayat-ayat) mu-tasyaabihaat. Adapun orang-orang yang dalam hatinya condong kepada kesesatan, maka mereka mengikuti sebahagian ayat-ayat yang mutasyaabihaat daripadanya untuk menimbulkan fitnah untuk mencari-cari ta'wilnya, padahal tidak ada yang mengetahui ta'wilnya melainkan Allah. Dan orang-orang yang mendalam ilmunya berkata: "Kami beriman kepada ayat-ayat yang mutasyaabihaat, semuanya itu dari sisi Tuhan kami." Dan tidak dapat mengambil pelajaran (daripadanya) melainkan orang-orang yang berakal.

Ayat yang muhkamaat ialah ayat-ayat yang terang dan tegas maksudnya, dapat dipahami dengan mudah.

Ayat mutasyaabihaat adalah ayat-ayat yang mengandung beberapa pengertian dan tidak dapat ditentukan arti mana yang dimaksud kecuali sesudah diselidiki secara mendalam;

Ayat–ayat Al Qur’an lainnya yang menerangkan tentang Al Qur’an,

1) Al Qur’an diturunkan oleh Allah kepada nabi Muhammad melalui Jibril, dalam bahasa Arab.
Al Qur’an ayat 192-195 surat 26 ( Asy Syuraa), Dan sesungguhnya al-Qur'an ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam, dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al-Amin (Jibril), ke dalam hatimu (Muahammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan, dengan bahasa Arab yang jelas.

2) Al Qur’an kitab peringatan,
Al Qur’an ayat 50 surat 21 (Al Anbiyaa’), Dan al-Qur'an ini adalah suatu kitab(peringatan) yang mempunyai berkah yang telah Kami turunkan. Maka mengapakah kamu mengingkarinya?

3) Ikuti Al Qur’an agar diberi rahmat,
Al Qur’an ayat 155 surat 6 (Al An’aam), Dan al-Qur'an itu adalah kitab yang Kami turunkan yang diberkati, maka ikutilah dia dan bertaqwalah agar kamu diberi rahmat,
4) Al Qur’an memberi petunjuk dan rahmat kepada orang yang beriman,
Al Qur’an ayat 77 surat 27 (An Naml), Dan sesungguhnya al-Qur'an itu benar-benar menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.

Al Qur’an ayat 20 surat 45 (Al Jaatsiyah), Al Qur'an ini adalah pedoman bagi manusia, petunjuk dan rahmat bagi kaum yang meyakini.

5) Al Qur’an menganjurkan jihad besar kepada orang kafir,
Al Qur’an ayat 52 surat 25 (Al Furqaan), Maka janganlah kamu mengikuti orang-orang kafir, dan berjihadlah terhadap mereka dengan al-Qur'an dengan jihad yang besar.

6) Al Qur’an di turunkan dalam bahasa Arab agar mudah dimengerti oleh Nabi Muhammad dan penduduk sekitarnya.
Al Qur’an ayat 7 surat 42 (Asy Syuura), Demikianlah Kami wahyukan kepadamu al-Qur'an dalam bahasa Arab supaya kamu memberi peringatan kepada ummul Qura (penduduk Mekah) dan penduduk (negeri-negeri) sekelilingnya serta memberi peringatan (pula) tentang hari berkumpul (kiamat) yang tidak ada keraguan padanya.Segolongan masuk surga dan segolongan masuk neraka.

Al Qur’an ayat 3 surat 43 (Az Zukkhruf), Sesungguhnya Kami menjadikan al-Qur'an dalam bahasa Arab supaya kamu memahami(nya).

Pernyataan Al Qur’an tentang Nabi Muhammad.

Al Qur’an ayat 170 surat 4(An Nisaa’), Wahai manusia, sesungguhnya telah datang Rasul (Muhammad) itu kepadamu dengan (membawa) kebenaran dari Tuhanmu, maka berimanlah kamu, itulah yang lebih baik bagimu. Dan jika kamu kafir, (maka kekafiran itu tidak merugikan Allah sedikitpun) karena sesungguhnya apa di langit dan di bumi adalah kepunyaan Allah. Dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

Ayat-ayat lainnya tentang nabi Muhammad,

1) Nabi Muhammad pemberi peringatan, dan pembawa khabar dari Tuhan,
Al Qur’an ayat 2 surat 11 (Huud), Sesungguhnya aku (Muhammad) adalah pemberi peringatan dan pembawa kabar gembira kepadamu daripada-Nya,

Al Qur’an ayat 82 surat 16 (An Nahl), Jika mereka tetap berpaling, maka sesungguhnya kewajiban yang dibebankan atasmu (Muhammad) hanyalah menyampaikan (amanat Allah) dengan terang.

Al Qur’an ayat 56 surat 53 (An Namj), Ini (Muhammad) adalah seorang pemberi peringatan di antara pemberi-pemberi peringatan yang telah terdahulu.

2) Nabi Muhammad diperintahkan bertanya kepada orang-orang yang membaca kitab-kitab sebelumnya,
Al Qur’an ayat 94 surat 10 (Yunus), Maka jika kamu (Muhammad) berada dalam keragu-raguan tentang apa yang Kami turunkan kepadamu, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang membaca kitab sebelum kamu. Sesungguhnya telah datang kebenaran kepadamu dari Tuhanmu, sebab itu janganlah sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang ragu-ragu.

3) Nabi Muhammad tidak menerangkan hal yang ghaib (akhirat, hari kiamat),
Al Qur’an ayat 24 surat 81 (At Takwiir), Dan Dia (Muhammad) bukanlah seorang yang bakhil untuk menerangkan yang ghaib.

4) Nabi Muhammad dihalalkan mengawini wanita-wanita yang diperoleh dari hasil peperangan, namun tidak untuk semua orang mu’min,
Al Qur’an ayat 50 surat 33 (Al Ahzaab), Hai Nabi, sesungguhnya Kami telah menghalalkan bagimu isteri-isterimu yang telah kamu berikan mas kawinnya dan hamba sahaya yang kamu miliki yang termasuk apa yang kamu peroleh dalam peperangan yang dikaruniakan Allah untukmu, dan (demikian pula) anak-anak perempuan dari saudara laki-laki bapakmu, anak-anak perempuan dari saudara perempuan bapakmu, anak-anak perempuan dari saudara laki-laki ibumu dan anak-anak perempuan dari saudara perempuan ibumu yang turut hijrah bersama kamu dan perempuan mu'min yang menyerahkan dirinya kepada Nabi kalau Nabi mau mengawininya, sebagai pengkhususan bagimu, bukan untuk semua orang mu'min. Sesungguhnya Kami telah mengetahui apa yang Kami wajibkan kepada mereka tentang isteri-isteri mereka dan hamba sahaya yang mereka miliki supaya tidak menjadi kesempitan bagimu. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

No comments: