30 November 2006

Kitab-kitab

Ayat Inti : Al Qur’an ayat 3 Surat 3 Ali Imran, Dia menurunkan Al Kitab (Al Qur'an) kepadamu dengan sebenarnya; membenarkan kitab yang telah diturunkan sebelumnya dan menurunkan Taurat dan Injil.
Al Qur’an ayat 163 Surat 4 An-Nisaa, Sesungguhnya Kami telah memberikan wahyu kepadamu sebagaimana Kami telah memberikan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang kemudiannya, dan Kami telah memberikan wahyu (pula) kepada Ibrahim, Isma`il, ishak, Ya`qub dan anak cucunya, `Isa, Ayyub, Yunus, Harun dan Sulaiman. Dan Kami berikan Zabur kepada Daud.

Dalam membimbing umat manusia kepada penyembahan yang benar, Allah senantiasa memberikan petunjuk-Nya atau Firman-Nya. Petunjuk-petunjuk tersebut dibukukan menjadi kitab-kitab.

Dalam Al Qur’an tercatat 4 (empat) kitab yang diakui diturunkan oleh Allah, yaitu:

1) Kitab Taurat, yang ditulis oleh Nabi Musa (bangsa Israel).
2) Kitab Zabur, yang ditulis oleh Nabi Daud (bangsa Israel).
3) Kitab Injil, yang ditulis oleh murid-murid Nabi Isa (Yesus, bangsa Israel).
4) Kitab Al Qur’an, yang ditulis oleh sahabat-sahabat Nabi Muhammad (bangsa Arab).

Kitab Taurat.

Kitab Taurat (berarti: pengajaran) terdiri dari 5 (buku) yaitu Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan, dan Ulangan yang membentuk sebuah kesatuan. Orang Yahudi menyebutnya Pentateukh. Waktu penulisannya berkisar tahun 1445 – 1405 SM (sebelum nabi Isa).

Kitab Taurat terdapat di dalam Alkitab yang ada saat ini (cetakan Lembaga Alkitab Indonesia) merupakan bagian dari kitab-kitab Perjanjian Lama.

Isi dari kitab Taurat meliputi asal mula penciptaan dunia dan manusia, kisah nabi-nabi (Nuh, Ibrahim, Ismail, Ishak, Ya’qub, Yusuf, Musa), sejarah bangsa Israel (di Mesir, di Palestina), peraturan-peraturan ibadah bangsa Israel (kurban, hari raya/sembahyang, persembahan/sedekah, puasa, makanan haram/halal, hukum kesusilaan, hukum kebersihan/najis, dll). Kitab Taurat juga berisi Nubuatan/Nubuwwah (kejadian masa datang).

Yang paling terkenal dari kitab Taurat adalah tentang 10 (sepuluh) perintah Allah yang diberikan Allah kepada bangsa Israel di bukit Torsina/Thur Palestina. Kesepuluh perintah itu adalah, jangan membuat dan menyembah berhala, jangan menyebut nama Allah dengan sia-sia, ingat dan sucikan hari sabtu, hormati orang tua, jangan membunuh, jangan berzina, jangan mencuri, jangan berdusta, dan jangan kamu ingin milik orang lain. (Kitab Taurat Keluaran 20 : 1-17).

Kesepuluh perintah Allah terdapat juga dalam Al Qur’an, walaupun letaknya tidak berurutan (lihat pembahasan tentang Nabi Ibrahim hal 55).

Kitab Zabur.

Orang-orang Yahudi menamakan Kitab Zabur (berarti: NyanyianPujian) itu Tehillim (nyanyian-nyanyian pujian) atau Tefillot (doa-doa). Kitab Zabur memuat 150 pasal nyanyian dan doa. Nabi Daud adalah seorang pemain musik (kecapi) (Alkitab perjanjian lama kitab 1 Samuel 16:23 Dan setiap kali apabila roh yang dari pada Allah itu hinggap pada Saul, maka Daud mengambil kecapi dan memainkannya..). Disamping ayat-ayat yang berupa nyanyian dan doa, kitab Zabur juga berisi Nubuatan (kejadian masa datang).

Menurut catatan, penulisannya sekitar abad 10 – 5 SM (sebelum nabi Isa). Tidak semua ayat-ayat dalam kitab Zabur di tulis oleh Nabi Daud.

Dalam Alkitab yang dikeluarkan oleh Lembaga Alkitab Indonesia kitab Zabur disebut Mazmur, dan termasuk dalam kitab-kitab perjanjian lama. Salah satu ayat dalam kitab Zabur menyatakan bahwa orang-orang yang takut kepada Allah (saleh), akan mewarisi bumi.

Dalam Al Qur’an ayat 105 surat 21 (Al Anbiyaa) dinyatakan, Dan sungguh telah Kami tulis di dalam Zabur sesudah (Kami tulis dalam) Lauh Mahfuzh, bahwasanya bumi ini dipusakai hamba-hamba-Ku yang saleh. Dan pada kitab Zabur (Mazmur) 24:1; 25:12-13 dinyatakan, Mazmur Daud. Tuhanlah yang empunya bumi serta segala isinya, dan dunia serta yang diam di dalamnya. Siapakah orang yang takut akan TUHAN? Kepadanya TUHAN menunjukkan jalan yang harus dipilihnya. Orang itu sendiri akan menetap dalam kebahagiaan dan anak cucunya akan mewarisi bumi.

Kitab Injil.

Kitab Injil (berarti: kabar baik) terdiri dari 4 (kitab) yaitu, kitab Matius, Markus, Lukas, dan Yohanes. Penulisanannya sekitar tahun 60 – 95 M (setelah Yesus). Ke-4 kitab ini terdapat dalam Alkitab cetakan Lembaga Alkitab Indonesia, termasuk dalam kitab-kitab perjanjian baru.

Penulis kitab Injil adalah murid-murid nabi Isa (Yesus). Yesus mati sekitar tahun 30 Masehi, murid-muridNya yang menjadi saksi hidup tentang kehidupan Yesus menuliskannya dalam ke-4 kitab tersebut.

Kitab Injil berisi tentang kehidupan Yesus (kelahiran, pekerjaan, kematian, kebangkitan-Nya, dan naik ke sorga). Kisah kelahiran-Nya yang tekenal adalah saat bayi Yesus yang baru lahir terancam pembunuhan oleh Herodes (panguasa kerajaan Romawi di Palestina). (Injil Matius 2:1-16). Pekerjaan-Nya yang terkenal dengan mujizat penyembuhan orang sakit, membangkitkan orang mati (Injil Matius 10:8), mengampuni dosa (Injil Matius 9:2). Kematian-Nya disalib dan kebangkitan-Nya pada hari ke-3 setelah di salib (Injil Matius 27:27-53; 28:1-6), dan terangkat ke sorga (Alkitab perjanjian baru kitab kisah rasul 1:9-11).


Al Qur’an juga mencatat tentang kelahiran, kematian, dan kebangkitan Nabi Isa (Yesus) dalam Al Qur’an ayat 23 surat 19 (Maryam) menyatakan, Kesejahteraan atas dirinya pada hari ia dilahirkan, dan pada hari ia meninggal dan pada hari ia dibangkitkan hidup kembali.

Alkitab yang ada sekarang ini (cetakan Lembaga Alkitab Indonesia) disamping memuat kitab-kitab Taurat, Zabur/Mazmur, dan Injil, juga memuat kitab-kitab nabi lainnya. Perjanjian lama 39 kitab, perjanjian baru 27 kitab.

Berikut kitab-kitab yang terdapat dalam Alkitab.

Perjanjian Lama (Kisah penciptaan dunia dan manusia, nabi Adam, Nuh, Ibrahim, Lut,Ismail,Ishak, Yakub, Yusuf, Musa, peraturan ibadah bangsa Israel. 4 kitab pertama dikenal sebagai kitab Taurat),

Kejadian
Keluaran
Imamat
Bilangan
Ulangan
Yosua
Hakim-hakim (Kisah simson)
Rut
Samuel 1-2 (Kisah Goliat/Jalut lawan Daud)
Raja-raja 1-2 (Kisah raja-raja Israel)
Tawarikh 1-2
Ezra
Nehemia
Ester
Ayub (Kisah nabi Ayub)
Mazmur (Nyanyian dan doa Nabi Daud, dikenal sebagai Zabur)
Amsal Sulaiman (Nasihat-nasihat Nabi Sulaiman)
Pengkhotbah
Kidung Agung
Yesaya
Yermia
Ratapan
Yehezkiel (Dikenal sebagai Zulkifli)
Daniel (Wahyu masa datang (nubuat/nubuwwah) bangsa Israel, kedatangan Yesus, dan
pemerintahan di dunia)
Hosea
Yoel
Amos
Obaja
Yunus
Mikha
Nahum
Habakuk
Zefanya
Hagai
Zakaria
Maleakhi

Perjanjian baru (Kisah kehidupan Yesus dan pekerjaan-Nya. 4 kitab pertamaDikenal sebagai Injil)

Matius
Markus
Lukas
Yohanes
Kisah para rasul (Kisah penyebaran Injil kepada orang yang bukan Yahudi oleh murid-murid
Yesus. Melalui penulisan surat oleh Lukas, Petrus Yakobus, , Yohanes dan
Paulus)
Surat Paulus kepada jemaat Roma
Surat Paulus kepada jemaat Korintus 1-2
Surat Paulus kepada jemaat Galatia
Surat Paulus kepada jemaat Efesus
Surat Paulus kepada jemaat Filipi
Surat paulus Kepada jemaat Kolose
Surat Paulus kepada jemaat tesalonika 1-2
Surat Paulus kepada Timotius
Surat Paulus kepada Titus
Surat Paulus kepada Filemon
Surat kepada orang Ibrani
Surat Yakobus
Surat Petrus 1-2
Surat Yohanes 1-3
Surat Yudas
Wahyu kepada Yohanes (Wahyu masa datang,nubuat/nubuwwah) tentang kedatangan Yesus.
Dan akhir dunia)

Kitab-kitab perjanjian lama ditulis dalam bahasa Ibrani (Yahudi) . ditujukan terutama kepada bangsa Isarel/Yahudi.

Kitab-kitab perjanjian baru ditulis dalam bahasa Yunani (Grika) ditujukan kepada bangsa Israel/Yahudi maupun kepada orang bukan Israel/Yahudi.

Berikut catatan Alkitab tentang pekabaran Injil oleh murid-murid Yesus kepada bangsa-bangsa, juga kepada bangsa Arab.

Alkitab perjanjian baru kitab kisah para rasul 2:4-11, Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya. Waktu itu di Yerusalem diam orang-orang Yahudi yang saleh dari segala bangsa di bawah kolong langit. Ketika turun bunyi itu, berkerumunlah orang banyak. Mereka bingung karena mereka masing-masing mendengar rasul-rasul itu berkata-kata dalam bahasa mereka sendiri. Mereka semua tercengang-cengang dan heran, lalu berkata: "Bukankah mereka semua yang berkata-kata itu orang Galilea?
Bagaimana mungkin kita masing-masing mendengar mereka berkata-kata dalam bahasa kita sendiri, yaitu bahasa yang kita pakai di negeri asal kita: kita orang Partia, Media, Elam, penduduk Mesopotamia, Yudea dan Kapadokia, Pontus dan Asia, Frigia dan Pamfilia, Mesir dan daerah-daerah Libia yang berdekatan dengan Kirene, pendatang-pendatang dari Roma, baik orang Yahudi maupun penganut agama Yahudi, orang Kreta dan orang Arab, kita mendengar mereka berkata-kata dalam bahasa kita sendiri tentang perbuatan-perbuatan besar yang dilakukan Allah."

Al Qur’an.

Al Qur’an (berarti: bacaan), diturunkan selama 23 tahun (13 tahun di Mekkah, 10 tahun di Maddinah). Jumlah surat Al Qur’an 114 (dibagi dalam 30 Juz, 554 ruku’, jumlah ayat 6236). Ayat Al Qur’an pertama turun pada tahun 610 Masehi (setelah Yesus) ketika Nabi Muhammad “bertahannuts” (menyendiri mempersiapkan diri) di Gua Hira 4,5 km sebelah utara kota Mekkah.

Al Qur’an ditulis oleh sahabat-sahabat nabi seperti Ali bin Abi Thalib, Ustman bin Affan, Ubay bin Ka’ab, Zaid bin Tzabit, Mu’amiyah, dalam bahasa Arab dengan dialek suku Quraisy. Ayat Al Qur’an dalam bentuk lembaran-lembaran seluruhnya ditulis dalam zaman Zaid bin Tsabit, dan dibukukan pada zaman khafilah Ustman bin Affan, dinamakan “ Al Mushhaf “.

Orang-orang yang beriman kepada Al Qur’an (orang-orang mu’min) akan percaya kepada 5 hal yang mengacu dalam Al Qur’an ayat 3-4 surat 2 (Al Baqarah),

1) Beriman kepada yang ghaib.
2) Mendirikan shalat
3) Menafkahkan sebagian rezki
4) Beriman kepada Al Qur’an dan kitab-kitab yang diturunkan sebelum Al Qur’an
5) Yakin adanya kehidupan akhirat

Al Qur’an adalah kitab suci terakhir yang diturunkan Allah, yang isinya mencakup segala pokok syari’at yang terdapat dalam kitab-kitab suci sebelumnya (Taurat, Zabur, dan Injil). Dengan demikian isi kandungan Al Qur’an tidak akan bertentangan dengan kitab-kitab sebelumnya.

Agama Yahudi dan Nasrani sudah ada waktu ayat-ayat Al Qur’an turun. Nabi Muhammad sendiri memiliki paman yang bernama Waraqah bin Naufah yang beragama nasrani. Ia mengerti bahasa Ibrani (Yahudi) dan menyalin kitab Injil dan Taurat ke dalam bahasa Arab.

Terlampir nama-nama surat yang terdapat dalam Al Qur’an,

1. Al Faatihah
2. Al Baqarah
3. Ali Imran
4. An Nisaa
5. Al Maa-idah
6. Al An’aam
7. Al A’raaf
8. Al Anfaal
9. At Taubah
10. Yunus
11. Huud
12.Yusuf
13. Ar Ra’d
14. Ibrahim
15. Al Hijr
16. An Nahl
17. Al Israa’
18. Al Khafi
19. Maryam
20. Thaahaa
21. Al Anbiyaa
22. Al Hajj
23. Al Mu’minuun
24. Al An Nuur
25. Al Furqaan
26. Asy syu’araa
27. An Naml
28. Al Qashash
29. Al Ankabuut
30. Ar Ruum
31. Luqman
32. As Sajdah
33. Al Ahzab
34. Saba’
35. Faathir
36. Yaasiin
37. Ash Shaaffat
38. Shaad
39. Az zumar
40. Al Mu’min
41. Fush Shilat
42. Asy syuura
43. Az Zukhruf
44. Ad Dukhaan
45. Al Jaatsiyah
46. Al ahqaaf
47. Muhammad
48. Al Fat’h
49. Al Hujuraat
50. Qaaf
51. Adz Dzaariyaat
52. Ath-Thuur
53. An Najm
54. Al Qamar
55. Ar Rahman
56. Al Waaqi’ah
57. Al Hadiid
58. Al Mujaadilah
59. Al Hasyr
60. Al Mumtahanah
61. Ash Shaff
62. Al Jumu’ah
63. Al Munaafiquun
64. At Taghgaabun
65. Ath Thaalaq
66. At Tahriim
67. Al Mulk
68. Al Qalam
69. Al Haaqqah
70. Al Ma’arij
71. Nuh
72. Al Jin
73. Al Muzzammil
74. Al Muddatstsir
75. Al Qiyaamah
76. Al Insaan
77. Al Mursalaat
78. An Naba
79. An Naazia’at
80. Abasa
81. At Takwiir
82. Al Infithaar
83. Al Muthaffifiin
84. Al insyiqaaq
85. Al Buruuj
86. Ath Thaariq
87. Al A’laa
88. Al Ghaasyiyah
89. Al Fajr
90. Al Balad
91. Asy syams
92. Al Lail
93. Adh Dhuhaa
94. Alam nasyrah
95. At Tiin
96. Al Alaq
97. Al Qadr
98. Al Bayyinah
99. Az Zalzalah
100. Al Aadiyaat
101. Al Qaariah
102. At Takatsur
103. Al Ashr
104. Al Humazah
105. Al Fiil
106. Quraisy
107. Al Maa’uun
108. Al Kautsar
109. Al Kaafiruun
110. An Nashr
111. Al Lahab
112. Al Ikhlas
113. Al Falaq
114. An Naas

Terjemahan Al Qur’an kebahasa latin dilakukan th-1543, terjemahan dalam bahasa Indonesia dilakukan pertengahan abad 17.

Al Qur’an dan Alkitab (didalamnya terdapat Taurat Zabur, dan Injil ) yang beredar saat ini dikeluarkan oleh departemen Agama-RI dan Lembaga Alkitab Indonesia. Pada ke dua lembaga itu terdapat para ahli yang sesuai dengan bidangnya.

No comments: