02 April 2007

Allah mempunyai anak

Ayat Inti: Al Qur’an ayat 16 Surat 2 (Al Baqarah), Mereka (orang-orang kafir) berkata: "Allah mempunyai anak". Maha Suci Allah, bahkan apa yang ada di langit dan di bumi adalah kepunyaan Allah; semua tunduk kepada-Nya.



Kalimat “Allah mempunyai anak” mempunyai dua istilah. Pertama “anak-anak Allah”. dan kedua “Anak Allah” Kalimat-kalimat ini berasal dari ayat-ayat kitab Injil,

Ayat-ayat kitab Injil yang menyatakan “Anak-anak Allah”,

1) Anak-anak Allah adalah mereka yang membawa damai,
Kitab Injil Matius 5:9 Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah.

2) Anak-anak Allah adalah mereka yang menyayangi musuhnya,
Kitab Injil Lukas 6:35 Tetapi kamu, kasihilah musuhmu dan berbuatlah baik kepada mereka dan pinjamkan dengan tidak mengharapkan balasan, maka upahmu akan besar dan kamu akan menjadi anak-anak Allah Yang Mahatinggi, sebab Ia baik terhadap orang-orang yang tidak tahu berterima kasih dan terhadap orang-orang jahat.

3) Anak-anak Allah adalah mereka yang percaya kepada Yesus (Nabi Isa),
Kitab Injil Yohanes 1:12, Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;

Jadi kalimat “anak-anak Allah” bukan berarti “Allah mempunyai anak”, melainkan merupakan istilah (sebutan) yang ditujukan kepada mereka yang membawa damai, mereka yang menyintai musuh, dan yang percaya kepada Yesus (Nabi Isa).

Ayat-ayat kitab Injil yang menyatakan “Anak-Allah”,

1) Malaikat berkata kepada Maryam, saat sebelum Yesus (Nabi Isa) lahir,
kitab Injil Lukas 1:35, Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.

2) Sebutan setan/Iblis kepada Yesus (Nabi Isa),
Kitab Injil Matius 8:28-29 Setibanya di seberang, yaitu di daerah orang Gadara, datanglah dari pekuburan dua orang yang kerasukan setan menemui Yesus. Mereka sangat berbahaya, sehingga tidak seorangpun yang berani melalui jalan itu. Dan mereka itupun berteriak, katanya: "Apa urusan-Mu dengan kami, hai Anak Allah? Adakah Engkau ke mari untuk menyiksa kami sebelum waktunya?"

3) Ketika Yesus (Nabi Isa) dibaptis (diselamkan ke dalam air), terdengarlah suara,
Kitab Injil Matius 3:13-17 Maka datanglah Yesus dari Galilea ke Yordan kepada Yohanes untuk dibaptis olehnya. Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya, lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan."

Yesus Kristus (Nabi Isa) disebut “Anak Allah” sebab Ia lahir atas kuasa Rohul-Qudus seperti yang tertulis dalam Al Qur’an ayat 87 Surat 2 (Al Baqarah),..dan telah Kami berikan bukti-bukti kebenaran (mu`jizat) kepada `Isa putera Maryam dan Kami memperkuatnya dengan Ruhul-Qudus. …

Hal ini sesuai juga dengan pernyataan Kitab Injil Matius 1:18 Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.

No comments: